Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usulan Masyarakat Jadi Referensi DPRD

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 Januari 2017 - 14:54 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Usulan dari masyarakat, baik yang didapat anggota dewan melalui musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) maupun saat kunjungan kerja pada masa reses, merupakan referenai bagi DPRD Kota Palangka Raya untuk kemudian diusulkan kepada pemerintah kota.

Hal ini diungkapkan Beta Syailendra, anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya sekaligus ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Jumat (13/1/2017).

"Bagi wakil rakyat sudah barang tentu hasil usulan, baik mulai dari musrenbang tingkat kelurahan lalu dilanjutkan pada tingkat kecamatan, adalah sebagai referensi untuk menjaring usulan program. Apalagi usulan yang masuk dalam skala prioritas yang diperjuangkan. Akan kita jaring mana yang menjadi skala prioritas atau menjadi catatan untuk diperjuangkan dimusrenbang tingkat Pemerintah Kota Palangka Raya," ungkap Beta yang juga Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Palangka Raya.

Ia melanjutkan, pihaknya sependapat dengan Bappeda Kota Palangka Raya yang menyatakan dengan anggaran terbatas belum tentu semua usulan bisa direalisasikan dalam satu tahun anggaran.

"Jadi, menurut saya dari ribuan usulan hasil musrenbang nantinya, bila mampu mencapai 30% sampai 40% setiap usulan musrenbang dapat terakomodasi, itu sudah baik. Apalagi dilihat manfaat hasil musrenbang yang secara tidak langsung berimplikasi pada peningkatan pendatan daerah," ucapnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru