Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2017, Desa Teluk Nyatu Fokus pada Pemberdayaan Masyarakat

  • 14 Januari 2017 - 16:24 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Desa Teluk Nyatu, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Teras Verry menyatakan, pada 2017 ini pihaknya akan lebih fokus memprogramkan pemberdayaan masyarakat. Hal itu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa itu.

"Kalau disetujui kami berupaya memperbanyak pemberdayaan masyarakat, itu yang menurut kami lebih penting. Namun juga harus berimbang dengan pembangunan infrastruktur desa," kata Teras di rumahnya, Sabtu (14/1/2017).

Menurutnya, program pemberdayaan dapat memberikan peluang usaha bagi masyarakat. Mengingat peluang berusaha mulai sulit, terlebih usaha menambang emas yang selama ini menjadi andalan masyarakat, lokasinya semakin sedikit.

"Perlu antisipasi untuk satu atau dua tahun yang akan datang, pasti masyarakat akan kesulitan yang namanya mencari nafkah. Soalnya tambang emas mungkin akan berakhir," terang dia.

Dia menyampaikan, berbagai bidang pemberdayaan masyarakat yang akan diprogramkan seperti perkebunan, peternakan, pelatihan menjahit dan lainnya. Di samping itu, lanjutnya, juga akan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

"Mungkin nanti akan ada penyewaan tenda, perbengkelan maupun tanaman sengon. Bahkan, anak-anak muda juga kita berdayakan," pungkasnya. (EPRA SENTOSA/B-2).

Berita Terbaru