Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

IPM Pulang Pisau Meningkat

  • Oleh James Donny
  • 14 Januari 2017 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Pulang Pisau menunjukkan peningkatan. Hal tersebut dikatakan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo saat menghadiri rapat tahunan anggota CU Betang Asi, Sabtu (14/1/2017) di GPU Handep Hapakat.

Persentase IPM di Kabupaten Pulang Pisau, kata dia, termasuk yang tercepat. Jika melihat dari beberapa variable di antaranya pendidikan, kesehatan, angka harapan hidup serta indeks daya beli masyarakat.

Terkait hal tersebut sebelumnya telah diutarakan oleh Kepala BPS Pulang Pisau Ceptedy bahwa IPM Pulang Pisau mengalami peningkatan. Dalam data BPS tahun 2015 IPM Kabupaten Pulang Pisau sebesar 65,76 dan meningkat dari tahun sebelumnya.

IPM tersebut, kata dia, dihitung berdasarkan tiga faktor yakni kesehatan pendidikan dan pendapatan. Faktor kesehatan diukur dengan angka harapan hidup. Sementara pendidikan diukur dengan harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah. Demikian juga untuk sektor pendapatan diukur dengan pendapatan riil per kapita. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru