Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kejelian Pemancing Cari Lokasi Melempar Kail, Tentukan Hasil Ikan yang Didapat (3)

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 Januari 2017 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bila target mancing adalah ikan sungai dengan ukuran besar seperti gabus dan toman, kejelian pemancing menentukan lokasi dilemparkannya kail sangat penting.

"Biasanya ikan gabus sangat suka berada di air yang surut, banyak rumput air dan enceng gondok. Karena ikan gabus biasanya memakan ikan kecil atau kodok yang lebih suka berada dikondisi air yang surut itu," ujar Budi Handoko anggota komunitas mancing Kotawaringin Barat (Kobar) Fishing Community, Minggu (15/1/2017).

Namun untuk ikan jenis toman biasanya terdapat di air yang lebih dalam. "Setelah umpan dari kodok karet kita lempar keair biasanya kita gerak-gerakan joran agar umpan tersebut bergerak mirip hewan asli, sehingga ikan tertarik dan menyambarnya," ujarnya.

Selama memancing dengan cara tersebut, ia mengaku pernah strike ikan toman dengan ukuran sekitar 3 kilo gram. "Namun saat ini sudah sulit untuk strike ikan dengan ukuran itu. Lantaran pemancing semakin banyak dan ikan kemungkinan sudah mulai berkurang," ujarnya. (YUDHA/B-6)

Berita Terbaru