Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Catch And Release, Demi Keberlangsungan Keberadaan Ikan (4)

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 Januari 2017 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Agar keberlangsungan keberadaan ikan terus berlanjut, biasanya penghobby sport fishing akan melepas kembali ikan yang berhasil ditangkapnya.

"Karena tujuan saya memancing adalah merasakan sensasi strike saat kail disambar ikan dan ditangkap, maka itulah kepuasan saya. Agar kepuasan ini bisa berlanjut terus, tentunya ketersediaan ikan dialam liar harus dijaga. Pelepasan ikan pasca ditangkap ini biasanya dikenal dengan istilah catch and release" ujar Budi Handoko anggota Kotawaringin Barat (Kobar) Fishing Community kepada Borneonews Minggu (15/1/2017).

Bila ada ikan yang sengaja dibawa pulang untuk dikonsumsi, ia biasanya hanya membawa 1-2 ekor saja. "Tentunya yang berukuran besar atau layak konsumsi. Padahal bila mengikuti nafsu, seringkali lebih dari 50 ekor ikan berhasil ditangkap. Namun dengan pertimbangan untuk menjaga berkembangbiaknya ikan, maka sebagian besar biasanya saya lepaskan, tentunya setelah foto selfie hasil tangkapan ikan," ujarnya sambil tertawa. (YUDHA/B-6)

Berita Terbaru