Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cara Khas Orang Dayak Mengolah Kelelawar

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Januari 2017 - 21:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kelelawar menjadi makanan yang tidak asing di daerah Dayak, Kalimantan, terutama Kalimantan Tengah. Ya, kelelawar umum diolah menjadi masakan yang sangat lezat. Padahal, cara mengolahnya pun sangat sederhana.

"Sebenarnya cara memasaknya sangat sederhana. Tapi perlu diperhatikan ada orang yang suka memakannya termasuk dengan bulunya, ada juga yang hanya mengolah dagingnya tanpa kulit dan bulunya. Masing-masing saja," ungkap Ardiano (49) salah seorang pecinta kuliner ekstrim satu ini kepada borneonews.co.id, Minggu (15/1/2017).

Dikatakannya saat membersihkan kelelawar, usahakan di tempat yang bersih sehingga daging kelelawar yang telah dipotong-potong bisa langsung dimasukkan ke dalam panci berisi air tanpa harus dicuci lagi.

"Soalnya kita mau masaknya dengan darahnya juga. Karena masakan ini tidak memerlukan bumbu yang banyak, darahnya lah yang menciptakan rasa khas pada masakan ini," tambah Ardiano yang berdomisili di Pulang Pisau namun jauh-jauh membeli kelelawar di Palangka Raya.

Setelah seluruh daging kelelawar masuk ke dalam panci yang telah diisi air, tinggal dididihkan. Hal ini lantaran merebus kelelawar memerlukan waktu yang cukup lama.

"Bumbunya sangat sederhana, hanya ulekan bawang putih, garam, dan lada. Hanya itu bumbunya. Bumbu ini bisa dimasukan jika masakan sudah mendidih tapi harus ditunggu sampai matang dulu untuk bisa menyantap kelelawar ini, dan ini cukup lama," jelasnya.

Jika memang suka, lanjut Ardiano, biasanya kelelawar ini dimasak bersama singkong yang dipotong kecil-kecil dan daun katuk, atau bisa juga dengan batang pisang.

"Kalau mau dengan batang pisang, pilih batang pisang yang masih tunas kecil, masih muda. Buang bagian luarnya yang masih keras, ambil hanya bagian dalam yang berwarna hijau muda. Dipotong tipis-tipis kemudian diremas-remas dengan garam, masukkan saat kelelawarnya sudah mau matang," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru