Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

GAPKI Minta Pemerintah Tuntaskan Masalah Lahan Sawit

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 16 Januari 2017 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) meminta pemerintah serius dan mempercepat penyelesaian lahan yang kerap mengganjal sektor industri kelapa sawit.

"Kami harap pemerintah membantu pelaku usaha sawit terkait masalah-masalah lahan dan tata ruang. Permasalahan sawit sangat besar di tata ruang," kata Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono, kepada pers di Jakarta, Senin (16/1/2017).

Masalah lahan, menurut Joko, pemerintah harus mempercepat pemberian sertifikasi lahan, dan kepastian pemanfaatan lahan dengan sistem tata ruang perkebunan kelapa sawit yang seharusnya sudah dipetakan oleh pemerintah.

"Adapun izin dan sertifikasi lahan masih belum memberikan kepastian hukum secara penuh. Padahal, sertifikasi lahan turut menjadi syarat penerbitan Izin Usaha Perkebunan (IUP) dan Hak Guna Usaha (HGU)," papar dia.

HGU menjadi kunci utama agar sektor perbankan dapat mengucurkan bantuan permodalan yang berguna untuk meningkatkan produktivitas kelapa sawit serta menjangkau Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO). (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru