Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MYBiomass Gandeng API Bikin Gula dari Sawit

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 16 Januari 2017 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - MYBiomass Sdn Bhd dan American Process Inc (API) mengumumkan kerjasama (joint-development work/JDA) untuk produksi gula nanoselulosa dan selulosa yang berasal dari tandan kosong kelapa sawit.

Selama ini tandan kosong sawit banyak digunakan sebagai zat aditif pada tekstil, kertas dan sukucadang otomotif, selain untuk keperluan lainnya.

Melalui pernyataan tertulisnya, seperti dikutip The Borneo Post, akhir pekan lalu, MyBiomass mengatakan pihaknya akan mendanai program JDA dan berperan dalam memasok biomassa sawit, teknologi, pengembangan pasar dan menggabungkan peran itu dengan kemampuan teknis dan pengembangan bahan baku yang dimiliki API.

CEO MYBiomass, R. Puvaneswari, menyebutkan pihaknya akan mengadopsi model bisnis publik-swasta 360 derajat untuk mengembangkan ekosistem berkesinambungan untuk biorefinery. Biorefinery adalah suatu proses yang mengintegrasikan dan mengkonversikan biomassa untuk nantinya dihasilkan, salah satunya bahan bakar.

'Tujuan kami adalah menjadi pionir dalam membangun biorefinery komersial dengan partisipasi potensial dari para penyedia teknologi, para pemangku kebijakan dan investor," katanya.

Sementara itu, CEO API, Dr Theodora Retsina, mengatakan API telah mengembangkan sejumlah produk nanoselulosa, termasuk varietas hidrofilik dan hidrofobik serta senang bekerjasama dengan MYBiomass untuk membangun pasar dan aplikasi prototipe.

MYBiomass, adalah sebuah perusahaan patungan, bersama dengan Felda Global Ventures dan Sime Darby, yang menjadi pionir dalam memperkenalkan konsep biorefinery kimia ramah lingkungan melalui agregasi terintegrasi. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru