Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Seruyan akan Lunasi Utang Pelabuhan Segintung Rp50 Miliar

  • Oleh Parnen
  • 16 Januari 2017 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemerintah Kabupaten Seruyan dalam dua minggu mendatang akan melunasi pembayaran klaim utang pembangunan Pelabuhan Segintung Rp50 miliar lebih kepada pihak kontraktor pembangunan pelabuhan PT. Swa Karya Jaya. Jumlah yang akan dibayarkan itu sudah termasuk bunga, dari utang sebelumnya yang hanya sekitar Rp34,7 miliar.

'Insya Allah, sekitar dua minggu lagi utang itu akan kita bayar lebih Rp50 miliar,' kata Bupati Seruyan, Sudarsono di Kuala Pembuang, Senin (16/1/2017).

Menurut Sudarsono, berkenaan soal rencana pembayaran utang pelabuhan itu,  publik atau masyarakat Seruyan wajib mengetahui hal itu.

'Pembayaran pelumasan utang ini akan diambil dari APBD Seruyan 2017. Anggaran yang sudah diketok bersama DPRD Seruyan, anggaran yang ada sebesar Rp1,1 triliun. Dari anggaran yang ada itu, sebagian akan kita pakai untuk membayar utang pelabuhan,' terang Sudarsono.

Bupati Seruyan itu mengungkapkan, apa boleh buat utang tersebut harus segera dibayar. Karena keputusan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung, pemerintah daerah diwajibkan membayar.

'Kenapa tidak dari dulu kita bayar. Sebab bukannya saya tidak mau membayar. Tapi oleh karena dilarang Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, termasuk juga pelarangan dari anggota DPRD Seruyan. Soalnya jika dibayarkan dipastikan menjadi temuan dan tak bisa dipertanggungjawabkan. Sebelum ada kekuatan hukum yang tinggi dan mengikat soal utang itu. Kita akan segera bayar ini (utang),' tegasnya.

Sudarsono menambahkan, meskipun permasalahan utang ini banyak yang meributkan, hingga dia malah ditetapkan sebagai tersangka oleh Mabes Polri beberapa waktu lalu. Namun bagi dia tidak menjadi pemikiran.

'Meskipun saya dijadikan tersangka oleh Mabes Polri, tapi nggak apa-apa, yang penting kita tidak makan uangnya,' pungkas dia. (PARNEN/N).

Berita Terbaru