Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semua Kabupaten/Kota di Kalteng Sudah Bentuk UPTD untuk Terima Alsintan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 16 Januari 2017 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Tute Lelo menyebut semua kabupaten dan kota sudah membentuk unit pelaksana teknis daerah (UPTD) pertanian yaitu UP Alsintan.

Sebab dengan dasar itulah maka kabupaten dan kota di Kalteng bisa menerima bantuan alat dan mesin pertanian dari pemerintah pusat. Selama ini kabupaten/kota terkendala ketiadaan UPTD sebagai syarat penerima Alsintan.

Dimana pada 2016 hanya tiga kabupaten yang telah terbentuk UPTD. Yaitu Seruyan, Gunung Mas, dan Barito Selatan. "Sudah diserahkan ke daerah, sudah semua kabupaten/kota terbentuk UPTD-nya," kata Tute, Senin (16/1/2017).

Diberitakan, Pemprov Kalteng dapat ratusan Alsintan dari Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian pada November 2016. Namun tidak bisa disalurkan ke kabupaten dan kota karena terkendala belum ada UPTD Alsintan.

Tute yang saat itu masih menjabat Kepala Distanak Kalteng, tegas menyatakan hanya daerah yang memiliki UPTD saja yang akan mendapat jatah. Ia tidak akan membagikan kepada daerah yang belum karena syaratnya memang harus ada UPTD. Nantinya akan ada bantuan lagi menyusul jika sudah terbentuk UPTD.

Mendapati laporan demikian, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran kala itu langsung menginstruksikan agar dilayangkan surat kepada bupati dan walikota untuk mendirikan UPTD. Jika tidak, bantuan 100 unit hand traktor, 50 pompa air 50 dan 25 traktor mini tidak dibagikan. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru