Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengangguran di Sukamara Turun 200 Persen

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Januari 2017 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Jumlah pengangguran di Kabupaten Sukamara menurun 200 persen. Data tersebut terlihat dari menurunnya jumlah pembuat kartu kuning sebagai syarat untuk mencari kerja. Tahun 2015 ada sebanyak 881 pencari kerja, sementara tahun 2016 hanya 217 orang.

"Jumlah pemohon kartu kuning (AK-1) sepanjang 2016 didominasi oleh pencari kerja laki-laki sebanyak 125 orang, sedangkan perempuan ada 92 orang. Jumlah 217 pemohon kartu kuning tersebut adalah mereka yang belum bekerja atau belum ditempatkan dalam sebuah pekerjaan,' kata Kabid Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Sukamara, Syamsir Hidayat, Senin (16/1/2017).

Pemohon kartu kuning tidak saja berasal dari mereka yang belum bekerja tetapi juga yang sudah bekerja, karena beberapa perusahaan mewajibkan pekerjanya memperpanjang kartu kuning sebagai syarat melanjutkan kontrak kerja. Sehingga dari hal tersebut Dinas Nakertrans bisa memantau jumlah tenaga kerja yang sudah mendapatkan pekerjaan.

'Kartu kuning memang harus dilakukan perpanjangan atau pembaharuan agar pekerja bisa kembali melanjutkan kontrak kerja dengan pihak terkait, dan dari proses ini bisa dipantau jumlah tenaga kerja yang sudah bekerja,' tutur Syamsir. (Norhasanah/N).

Berita Terbaru