Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Faktor Ini Bakal Dongkrak Harga Minyak Sawit

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 17 Januari 2017 - 10:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pada perdagangan Selasa (17/1/2017), para pelaku pasar di pasar komoditas global akan disuguhi data-data yang dapat memberikan dorongan bagi mereka untuk melakukan aksi beli.

Data tersebut dapat menjadi faktor penggerak harga minyak sawit di Bursa Malaysia Derivatives pada perdagangan hari ini. Faktor pertama tentunya adalah penguatan harga minyak sawit pada penutupan perdagangan Senin (16/1/2017) berkat kuatnya permintaan ekspor dan sentimen positif dari menguatnya harga minyak nabati di bursa komoditas global.

Data dari Intertek Testing Services menyebutkan kuatnya kinerja ekspor minyak sawit Malaysia pada dua pekan pertama Januari 2017 telah menjadi sentimen positif bagi harga komoditas pangan ini. Tercatat ekspor minyak sawit negeri jiran itu meningkat 6,7 persen pada periode 1-15 Januari dibandingkan dengan dua pekan pertama Desember 2016.

Kemudian, melemahnya ringgit Malaysia menjadi dorongan positif bagi harga minyak sawit. Ringgit turun 0,1 persen menjadi 4,4640 per dolar AS pada perdagangan Senin.

Selanjutnya, menguatnya harga minyak nabati lain menjadi faktor pendukung lain bagi penguatan harga minyak sawit. Futures minyak kedelai untuk kontrak Mei di Dalian Commodity Exchange, DBYcv1, menguat 0,7 persen, dan olein sawit kontrak Mei di Dalian, DCPcv1, naik 0,5 persen.

Faktor positif lain yang dapat menjadi acuan bagi pelaku pasar untuk bertransaksi beli adalah menguatnya harga minyak mentah pada perdagangan elektronik di Asia, Selasa ini, setelah Arab saudi berkomitmen untuk memangkas produksi.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) menguat 15 sen menjadi $52,52 per barrel. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru