Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Gubernur BI Dianugerahi Gelar Adat Dayak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Januari 2017 - 11:38 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Prosesi pemberian gelar adat Dayak sebagai Mantir Hai Panambahan kepada Gubernur Bank Indonesia tidak dilakukan sembarangan.

Menurut Agustiar, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, gelar diberikan setelah melalui musyawarah pimpinan Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah dengan para tokoh Dayak dan damang.

"Seorang yang mendapat gelar Mantir Hai Panambahan adalah seorang yang dianggap arif bijaksana, dihormati serta seorang yang dituakan dan menjadi panutan," ungkap Agustiar saat menobatkan Agus DW Martowardojo di Swissbell Hotel Danum, Palangka Raya, Selasa (17/1/2017) pagi.

Dikatakan, Agus menerima gelar ini lantaran dia merupakan seorang yang cerdik dan pandai, apalagi Agus seorang Gubernur Bank Indonesia.

"Dan sebagai warga kehormatan masyarakat Dayak Kalimantan Tengah apabila suatu saat Kalteng memerlukan kehadiran beliau untuk hadir dalam suatu kerapatan adat Dayak yang membicarakan tentang masalah menyangkut ekonomi dan keuangan, maka beliau boleh diundang hadir dan memberikan masukan dan saran sebagai Mantir Hai Panambahan dan sebagai bagian dari masyarakat Adat Dayak," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru