Aplikasi Quick Count Hitung Cepat Web & Android

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prioritaskan KTP-el, Setelah itu Baru Berlakukan Kartu Identitas Anak

  • Oleh M. Rifqi
  • 17 Januari 2017 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat mulai melakukan pendataan anak untuk program Kartu Identitas Anak (KIA). Meskipun demikian, Komisi III DPRD Kotim meminta instansi ini lebih memprioritaskan target penyelesaian Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) sebelum melaksanakan KIA.

"Kami pikir Disdukcapil harus menuntaskan dulu target perekaman hingga pencetakan KTP-el bagi warga wajib KTP di daerah ini. Kemudian baru soal KIA," kata Ketua Komisi III DPRD Kotim Rimbun, Selasa (17/1/2017).

Menurutnya, untuk mengoptimalkan perekaman hingga pencetakan KTP-el, Disdukcapil Kotim perlu jemput bola. Unit-unit pelayana yang kini dibuka di kantor-kantor kecamatan perlu ditambah. Sehingga lebih memudahkan masyarakat dan bisa menjangkau lebih banyak wilayah kecamatan luar kota.

"Kebanyakan warga yang belum memiliki KTP-el adalah warga kita di wilayah pedalaman. Inilah yang perlu diperhatikan dengan melakukan langkah-langkah jemput bola mendekatkan dan memudahkan pelayanan. Sehingga target semua masyarakat memiliki KTP-el bisa tuntas," ucap dia.

Anggota Komisi II DPRD Kotim Sutik, menilai penerapan KIA belum menjadi kebutuhan mendesak untuk diterapkan di Kabupaten Kotim.

"Warga kita saja masih banyak yang belum memiliki KTP-el. Bukan kami tidak setuju penerapan KIA, tetapi akan lebih baik bereskan dulu program KTP-el," tukas dia. (M RIFQI/B-5)

Berita Terbaru