Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apkasindo Kalteng Nilai Harga TBS Sawit di Tiap Daerah Berbeda

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 Januari 2017 - 14:53 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Karyadi menilai  sejauh ini harga tandan buah segar (TBS) sawit di seluruh Indonesia tidak merata.

"Harga TBS sawit di Indonesia sejauh ini tidak sama,  antara daerah satu dengan daerah lainnya berbeda," kata dia, Selasa (17/1/2017).

Karyadi yang juga ketua Komisi I DPRD Katingan itu menggambarkan, harga TBS sawit di wilayah Sumatera, di Medan misalnya saat ini berkisar Rp2.000-an per kilogram. Sementara di Provinsi Kalteng hanya Rp1.800 per kilo. Sedangkan di Provinsi Kaltara lebih murah lagi yaitu rata-rata Rp900 rupiah per kilonya.

"Bila kawan-kawan pabrik kelapa sawit (PKS) menyampaian data tentang penjualan CPO dengan benar, dengan sesuai kontrak, maka harga TBS ini hampir merata di seluruh Indonesia," katanya.

Persoalannya jika PKS ini tidak jujur dalam menyampaikan datanya, hal inilah yang membuat harga TBS di seluruh Indonesia tidak merata.

Terkait harga TBS ini, Karyadi mengaku jika penentukan harganya ditentukan oleh PBS kelapa sawit, plasma dan juga pemerintah provinsi serta Apkasindo sendiri.

"Selain itu harga juga dipengaruhi oleh dolar," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru