Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemohon Administrasi Kependudukan di Disdukcapil Kotim Membludak

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 18 Januari 2017 - 17:09 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Peningkatan permohonan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Timur mengalami peningkatan di awal tahun 2017.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kotim, Nurhaida mengatakan, angka permohonan mencapai 300 item dalam sehari di awal tahun ini. Padahal, biasanya hanya berkisar 100 permohonan saja.

"Jumlah permohonan data administrasi kependudukan lumayan meningkat di awal tahun ini," kata Nurhaida, Rabu (18/1/2017).

Permohonan administrasi kependudukan yang diminta warga itu meliputi pembuatan kartu keluarga, rekam data, akta kelahiran hingga pembuatan e-KTP.

Lonjakan tersebut sudah menjadi kebiasaan tahunan karena pada awal tahun dan setelah libur lebaran masyarakat banyak mengurus administrasi kependudukan.

Nurhaida menyebut pihaknya sudah mengantisipasi membludaknya jumlah pemohon dengan menyiapkan blangko, tinta kertas hingga petugas.

Namun, itu hanya untuk pemohon Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. Sedangkan blangko e-KTP habis.

"Sementara ini untuk pengurusan KK dan Akta Kelahiran yang baru bisa kita bikin. Sedangkan untuk blanko e-Ktp belum tersedia," tuturnya. (R.NAFARIN/B-11)

Berita Terbaru