Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Ditarget Pusat 10 Ribu Sapi Bunting

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 18 Januari 2017 - 21:14 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ditargetkan pemerintah pusat populasi 10 ribu sapi bunting pada 2017 ini. Program ini merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) sapi indukan wajib bunting (SIWAB) yang diluncurkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng, Tute Lelo mengaku pihaknya sudah siap dengan target pemerintah pusat ini. Posisi saat ini, di seluruh Kalteng terdapat 70 ribu ekor sapi, baik betina maupun jantan.

'2017 ini kita ditarget 10 ribu ekor SIWAB dan kita siap saja. Sebab kita sudah hitung, ada 70 ribu ekor di Kalteng, itu kita siapkan 10 ribu diantaranya masih mencukupi dan siap,' kata Tute kepada Borneonews di ruang kerjanya, Rabu (18/1/2017).

Dikatakan siap, karena mekanisme untuk membuat sapi betina tadi bunting, dilakukan dengan cara inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik. Untuk IB ini, kata Tute, ada bantuan dari pemerintah pusat. Targetnya, untuk mengakselerasi penambahan populasi sapi potong.

Menurut Tute, UPSUS SIWAB ini memang mencakup dua program utama yaitu peningkatan populasi melalui Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (INKA). Namun menurut Tute, di Kalteng akan dilangsungkan program IB kepada ternak (sapi) masyarakat.

'Kita menggunakan IB, itu nanti IB nya yang dibantu pusat, bukan bantuan sapinya. Tujuan program ini kan sebagai upaya khusus peningkatan populasi sapi, jadi merupakan kegiatan terintegrasi, agar ke depan mencapai target swasembada daging sapi di indonesia,' terang dia. (M ROZIQIN/B-8).

Berita Terbaru