Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arton Tekankan Lima Poin Penting dalam Rapat Koordinasi DAK

  • 19 Januari 2017 - 09:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas (Gumas) Arton S Dohong menekankan lima poin penting dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan di aula Kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Rabu (18/1/2017) sore.

Poin yang pertama yaitu meminta Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan atas tidak terealisasinya penyaluran DAK fisik mau pun non fisik untuk tahap IV anggaran 2016.

Poin dua, meminta SKPD pengelola DAK untuk segera mempelajari dan melakukan penyesuaian, jika perlu segera melaksanakan kegiatan sehingga tidak terjadi keterlambatan. Mengingat ada empat tahap pencairan DAK.

"Tahap pertama 30%, tahap dua 25%,tahap tiga 25% dan tahap empat 20%. Kepada semua pelaksana pekerjaan agar mengikuti tahapan-tahapan pencairan serta mewajibkan mengambil uang muka pekerjaan," ucapnya.

Tiga, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah, melalui tim evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran harus memonitor realisasi fisik dan keuangan kususnya DAK dan dilaporkan setiap bulan. 

Empat, sesuai Perpres Nomor 54 Tahun 2010, diwajibkan mengumumkan rencana umum pengadaan (RUP) melalui aplikasi SiRup, agar dapat segera dilakukan proses pelelangan oleh bagian pelelangan barang/jasa.

Lima, dengan kondisi georgrafis Kabupaten Gumas yang luas dan kesulitan serta keterbatasan infrastruktur, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah diminta untuk melakukan pengawasan dan pengendalian kegiatan pembangunan dan mencari solusi terbaik terhadap persoalan yang dihadapi di lapangan. (EPRA SENTOSA/B-2)

Berita Terbaru