Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lurah Kuala Pembuang I: Surat Pengantar RT Tidak Bisa Dianggap Remeh

  • Oleh Parnen
  • 19 Januari 2017 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Meski hanya berbentuk selembar surat, namun untuk surat yang satu ini, surat pengantar RT (Rukun Tetangga) tak bisa dianggap remeh manfaatnya. Wajar saja, Lurah Kuala Pembuang I, Muhstadat Haitami berpendapat, pekerjaan sebagai ketua RT di lapangan jauh lebih kompleks. Selain sebagai rentang kontrol pemerintah daerah di tingkat bawah, RT juga menjalankan fungsi sosial dan pembinaan kamtimas membantu kinerja aparat kepolisian.

"Tanpa ada surat pengantar RT, siapapun warga akan kesulitan mengakses atau memperoleh pelayanan yang membutuhkan surat itu. Baik itu menyangkut kependudukan, kesehatan, pendidikan, sosial ataupun lainnya hingga akses sejumlah layanan ke kepolisian," kata Muhstadat Haitami, di Kuala Pembuang, Kamis (19/1/2017).

Sebut saja satu contoh yang paling utama dari manfaat kepemilikan surat keterangan RT itu, lanjut dia, yang mana pemerintah daerah pasti sangat merasa terbantu, terutama dalam deteksi dini atau proteksi kesalahan identifikasi terhadap status kependudukan warga yang dilayani. Mulai dari tingkat RT, hingga sampai ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

"Nah, melalui RT juga tidak jarang menggelar forum pertemuan rutin dengan warganya, yang jelas-jelas sangat membantu pemerintah. Khususnya, sosialisasi berbagai program yang digulirkan pemerintah bagi masyarakat," urainya.

Tidak sampai disitu, tambah Haitami, mereka juga melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan sosial hingga penggalian potensi swadaya masyarakat. Tujuanya, guna menunjang kegiatan pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

"Saya berharap Bupati Seruyan Pak Sudarsono berkenan menerbitkan Perda atau Perbup tentang RT dan RW, yang dapat menghidupkan lembaga kemasyarakatan ditingkat RT dan RW. Ini agar sejalan dengan dinamika sosial yang ada di masyarakat. Dengan harapan kembali, sehingga dalam pelaksanaanya nanti Pemkab Seruyan dapat menganggarkan dana untuk menunjang kegiatan mereka. Ya setidaknya, dapat memberi sedikit bantuan," pintanya. (PARNEN/N).

Berita Terbaru