Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

43 Desa di Gunung Mas Belum Bentuk BUMDes

  • 19 Januari 2017 - 14:18 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dari 114 desa tersebar di wilayah Kabupaten Gunung Mas baru 43 desa yang telah membentuk badan usaha milik desa (BUMDes).

"Yang sudah membentuk BUMDes baru 71 desa," kata Sekretaris Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa Gunung Mas, Osner Sagala, Kamis (19/1/2017).

Osner menjelaskan dalam Peraturan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi setiap desa wajib membentuk satu BUMDes. Saat ini pihaknya terus memfasilitasi desa yang belum membentuk BUMDes.

"Kalau bisa tahun ini ada 20 desa lagi yang membentuk BUMDes, sehingga jumlahnya akan meningkat menjadi 91 desa," ucapnya. Walau sebagian desa telah membentuk BUMDes, namun BUMDes masih belum bisa bekerja optimal.

Sebab pengurus BUMDes belum mampu menggali sumber daya atau potensi yang ada di desa untuk usaha. Padahal keberadaan BUMDes diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan berkontribusi untuk pendapatan asli desa.

"BUMDes kita sudah terbentuk, tapi masih jalan di tempat karena masih dalam proses pembelajaran. Diharapkan tahun yang akan datang bisa lebih baik,' tuturnya. (EPRA SENTOSA/B-6)

Berita Terbaru