Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pencairan Gaji Guru di Katingan Segera Dicari Solusi Terbaik

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Januari 2017 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan, Pranoto mengatakan terkait pencairan gaji guru pihaknya akan mencari solusi terbaik. Wakil Bupati Katingan, Sakariyas juga sudah menjanjikan akan mencari jalan terbaik dalam menyelesaikan masalah tersebut. Sampai Kamis (19/1/2017) ini, para guru di wilayah itu belum terima gaji, sampai sebagian di antaranya sudah berutang pada tukang sayur.

"Tadi kami sudah cari solusinya, kan masalah kayak gini harus segera dicarikan solusinya, nanti kalau tidak cepat diselesaikan gaji guru ini, mereka bisa menuntut, sebab PNS lain sudah terima gaji," kata Pranono di kantornya, di Kasongan, Kamis (19/1/2017).

Sambil menunggu solusi terbaik, Pranoto mengaku proses pencairan gaji guru ini perlu kehati-hatian. Pasalnya sebelumnya terkait gaji guru ini berkas pencairannya harus ditandatangani kepala dinas. Namun, hingga saat ini Kepala Dinas Pendidikan Katingan Hartoni belum ada kejelasan setelah mobil yang ditumpanginya mengalami kecelakaan di Km 4 Palangka Raya yang mengakibatkan 1 orang tewas diduga adalah Hartoni.

"Yang penting nanti jangan sampai menimbulkan persoalan, maunya kita seperti itu, makanya kita perlu kehati-hatian tidak sembarangan harus, dan harus konsultasi dengan pimpinan seperti apa solusinya," katanya.

Pranoto mengaku sejauh ini ia sudah menemui Sekda Katingan Nikodemus guna membahas masalah ini, dan juga pihak bank. "Yang bertanggungjawab dengan SKPD apabila ada permasalahan seperti Dinas Pendidikan ini, otomatis pimpinan yang lebih tinggi."

Pranoto menambahkan jumlah guru atau tenaga pendidik se Kabupaten Katingan lebih dari 2,500 orang. "Kita berharap mereka semua bersabar dan menunggu proses untuk pencairan gaji." (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru