Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Apresiasi Upaya Disdik Lakukan Tryout UN

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Januari 2017 - 17:38 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mukarramah, Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya mengapresiasi tindakan Dinas Pendidikan setempat yang telah melakukan tryout (uji coba) Ujian Nasional (UN) terhadap peserta didik tingkat SMP baru-baru ini.

Menurutnya, tindakan disdik ini sudah tepat mengingat Ujian Nasional telah ditiadakan, namun pelaksanaan ujiannya tetap menggunakan standar nasional. Mukarramah menyebut bahwa tryout ini akan berguna sebagai pembanding untuk melihat capaian hasil belajar peserta didik ataupun untuk mengukur siap atau tidaknya siswa mengikuiti ujian.

"Kalau ternyata masih di bawah target maka bisa menjadi bahan evaluasi sekaligus mendorong peserta didik agar lebih termotivasi untuk belajar. Selain itu hasil tryout juga berguna bagi guru untuk mencari trik-trik mendongkrak capaian hasil belajar peserta didik yang dinilai masih rendah," ungkap politisi Partai Nasdem ini, Kamis (19/1/2017).

Bagusnya menurut Mukarramah, tryout tidak hanya dilakukan sekali, namun berkali-kali. Hal ini agar peserta didik siap menghadapi ujian nasional.

"Kalau tryout 2 hari cukuplah, namun beberapa bulan ke depan dicoba lagi untuk mengukur kemampuan dan kesiapan siswa. Di samping itu harus ada mata pelajaran tambahan untuk memperkaya pengetahuan siswa," cetusnya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru