Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah di Kecamatan Luar Kota Belum Penuhi Syarat UNBK

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 20 Januari 2017 - 10:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekolah tingkat SMP maupun SMA di kecamatan luar kota Sampit masih belum bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Penyebabnya, belum tersedia sarana dan prasarana.

Padahal menurut Kepala Dinas Pendidikan Kotim, pelaksanaan UNBK untuk SMP lebih praktis dan efisien. Selain hemat waktu dalam pengerjaannya, juga tidak terlalu banyak biaya untuk penyediaan naskah soal yang dicetak.

"Kita siap dan mendukung. Hanya saja kita juga memiliki keterbatasan. Baik itu jumlah komputer, maupun ketersediaan listrik. Apalagi dalam pelaksanaannya kita harus berkoordinasi dengan PLN agar tidak ada pemadaman," imbuhnya.

Selain itu, ketersediaan sarana dan prasarana juga menjadi salah satu kendala pelaksanaan UNBK yang merata di semua sekolah. Terutama untuk sekolah-sekolah di kecamatan yang jauh dari kota, fasilitas dan peralatan yang dimiliki sekolah belum memenuhi persyaratan.

"Yang kedua saat ini SMP itu kan tidak ada pelajaran yang berhubungan dengan komputer, sehingga kami mempertimbangkannya apakah anak-anak SMP ini mengerti atau tidak dengan penggunaan komputer. Kalau di kota, mungkin tidak ada masalah. Yang tidak memiliki atau pelajar di daerah-daerah pelosok yang menjadi perhatian kita," pungkasnya. (R.NAFARIN/B-11)

Berita Terbaru