Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaksanaan UNBK Ditingkatkan, di Kowaringin Timur Pesertanya Bertambah

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 20 Januari 2017 - 07:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), akan ditingkatkan jumlah sekolah yang menggunakannya. Target pemerintah 12.000 sekolah dari yang awalnya hanya 4.000.  Di Kotawaringin Timur pesertanya bertambah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, Suparmadi mengatakan, di Kotim yang akan menggunakan UNBK untuk jenjang SMA sederajat naik menjadi 15 sekolah dari yang awalnya hanya 7 sekolah. Jumlah tersebut kembali bertambah dengan usulan pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kotim untuk mengikutkan SMPN 1 Sampit sebagai peserta sekolah UNBK.

"Untuk jenjang SMPi, masih belum ada yang melaksanakan UNBK tahun lalu. Tahun ini, kita merekomendasikan SMPN 1 Sampit. Sementara SMP lainnya, kami masih menyesuaikan dengan ketersediaan fasilitas yang ada," ucap Suparmadi, di Sampit, Kamis (19/1/2017).

Menurut Suparmadi, sebagai syarat untuk menggelar UNBK sebuah sekolah harus memiliki jumlah komputer minimal sepertiga dari jumlah siswa. Namun, masih banyak sekolah yang belum memiliki fasilitas tersebut. Khususnya yang berada di kecamatan luar kota.

"Banyak sekolah yang belum memakai komputer, apa lagi yang berada di desa. Untuk UNBK tingkat SMP, hanya satu sekolah yang bisa memenuhi syarat," jelasnya. (Rian/N).

Berita Terbaru