Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ternyata Badan Kita Bisa Mendeteksi Awan Cumulonimbus

  • Oleh Cecep Herdi
  • 20 Januari 2017 - 10:24 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kemunculan awan Cumulonimbus (cb) tidak hanya bisa dilihat oleh mata telanjang, badan kita juga ternyata bisa merasakan ciri-ciri datangnya awan mengerikan tersebut.

"Perlu diwaspadai kalau pagi hari menjelang siang kondisi badan kita sudah mulai gerah dan cuaca terasa sangat panas, itu salah satunya akan terjadi hujan lebat yang bersumber dari awan cb," kata kepala BMKG Pangkalan Bun, Lukman Soleh, Jumat (20/1/2017).

Awan jenis ini disebut-sebut sebagai awan musibah. Pasalnya, karakter awan cb yang sudah dewasa, tenaganya full power. Awan ini juga yang menyebabkan angin kencang dan hujan mendadak dengan sangat lebat.

"Jenis awan ini yang harus diwaspadai termasuk di dunia penerbangan karena bisa menghempaskan pesawat," jelas Lukman.

Ia menggambarkan, dahsyatnya kekuatan awan cb ini juga bisa dirasakan ketika naik pesawat.

"Jangankan berada di bawah dasar awan. Diapit di antara awan saja naik pesawat bisa seperti naik becak."

Ciri-ciri awan cb juga bisa dilihat sebelum hujan lebat turun diawali dengan kedatangan angin kencang disertai petir. Biasanya jika ketinggian puncak awan cb sudah 10 kilometer (km) di atas permukaan laut, terjadi kondisi hujan lebat disertai petir dan angin kencang sekitar satu jam.

"Sekitar 5 sampai 10 menit terjadi angin kencang, petir, awan cb terlihat membumbung tinggi dan berwarna agak gelap," jelasnya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru