Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kualitas Air Sungai Katingan Makin Tercemar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Januari 2017 - 12:18 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Kualitas air Sungai Katingan di Kabupaten Katingan saat ini tidak lebih baik dibanding tahun sebelumnya alias makin tercemar.

Penilaian ini dilontarkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan, Hap Baperdo di sela kegiatan Jumat beriman di sekitar Pelabuhan Hurung, Kasongan, Jumat (20/1/2017).

"Selama ini pencemaran air Sungai Katingan terus terjadi, baik dari sampah rumah tangga, pencemaran dari pertambagan, PETI, perkebunan dan lain-lain," tuturnya.

Berdasarkan kajiannya, saat ini kualitas air Sungai Katingan dinilai tidak lebih baik dibanding tahun sebelumnya. "Kualitas air Sungai Katingan tidak lebih baik dengan tahun sebelumnya. Sebab sekarang beban pencemarannya bertambah," ungkapnya.

Baperdo menilai jika pencemaran air Sungai Katingan wajar seiring dengan penambahan jumlah penduduk, bangunan rumah dan lain-lainnya.

"Namun sekarang yang lebih penting bagaimana menyadarkan masyarakat agar tidak mencemari Sungai Katingan lagi dan upaya itu sejauh ini sudah kita jalankan salah satunya mengimbau masyarakat tidak membuang sampah di sungai," katanya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru