Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Enam Destinasi Wisata Kelurahan Raja Seberang

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 20 Januari 2017 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat sempat digadang-gadang sebagai salah satu destinasi wisata kota lama.

Inilah beberapa tempat yang bakal menjadi magnet bagi turis mancanegara yang berkunjung.

1. Pecinan

Satu-satunya perkampungan etnis Tionghoa berada di RT 01 Kelurahan Raja Seberang, mengingat di wilayah tersebut etnis Tiong'hoa sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Mereka mendiami kawasan tersebut hingga dikenal dengan Pecinan. Bahkan, rumah di pemukiman mereka masih terdapat rumah dengan arsitektur asli dan belum pernah dipugar.

2. Gedung Sekolah SDN 05

Gedung sekolah SDN 05 yang berada di RT 01 ini merupakan peninggalan etnis Tionghoa yang masih berdiri. Gedung dengan arsitektur bergaya eropa perpaduan China tersebut merupakan cikal bakal pendidikan di Kabupaten Kobar dan sudah berumur ratusan tahun.

Namun sayangnya, bangunan sekolah yang menjadi saksi bisu dinamika pendidikan di Kobar itu tidak terawat dan hampir ambruk.

3. Wisata Susur Sungai

Kelurahan Raja Seberang, berada di Bantaran Sungai Arut dan sungai dengan segala aktivitas masyarakat pada pagi dan sore hari bisa menjadi pemandangan menarik melalui wisata susur sungai dengan menggunakan perahu tradisional atau getek. Susur sungai bisa menjadi wisata alternatif bagi turis mancanegara.

4. Aktivitas masyarakat tradisional

Aktivitas masyarakat tradisional bantaran Arut bisa menjadi magnet bagi wisatawan dan layak untuk dijual kepada wisatawan. Salah satu aktivitas menarik adalah masih dijumpainya kegiatan tradisional warga seperti menurun (menganyam purun atau tikar). 

5. Pembuatan Kapal Tradisional

Di RT 04, Kelurahan Raja Seberang masih terdapat aktivitas masyarakat yang berprofesi sebagai pembuat kapal baik berukuran kecil dan besar. Menariknya para pembuat kapal ini adalah warga Sulawesi yang tinggal dan menetap secara turun temurun di Raja Seberang. Selain itu, di RT 06, juga ada sekelompok warga yang juga membuat kapal tradisional seperti getek.

Lurah Raja Seberang menegaskan dengan potensi wisata unggulan ini maka Kelurahan Raja Seberang dapat menjadi salah satu tujuan pariwisata di Kobar.

"Dengan peningkatan SDM bisa saja warga mendapat pelatihan dan pendidikan bahasa Inggris dan menjadi pemandu wisata," ujar Lurah Raja Seberang M Noor Aini. (KOKO SULISTYO/B-2 )

Berita Terbaru