Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pos UKK Kerja, Permudah Nelayan Cek Kesehatan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 20 Januari 2017 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Nelayan di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, kini bisa mendapat pelayanan kesehatan dengan mudah.

Pasalnya, sudah ada dua Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) di wilayah kerja Puskesmas Kumai, yakni di RT 09 Kumai Hilir dan RT 01 Kapitan.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kumai, Abimayu, mengatakan, pos UKK ini merupakan tempat pelayanan kesehatan yang dibentuk di kawasan perkampungan nelayan. Pos UKK dikelola oleh nelayan atau para pekerja Sektor perikanan itu sendiri (Kader).

Menurutnya, UKK sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan para kader yang berada di bawah binaan Puskesmas Kumai. "Pelayanan kesehatan dasar bagi para nelayan merupakan pelayanan yang esensial yang diberikan kepada masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan bagi pekerja, " kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kumai, Abimayu, Jumat (20/1/2017).

Abimanyu juga mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh di pos UKK adalah melakukan penyuluhan tentang alat perlengkapan diri (APD) dalam bekerja, survei lingkungan serta cek kesehatan dan pengobatan kepada masyarakat pekerja. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru