Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kader UKK Kumai sering Kucing-kucingan dengan Warga

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 20 Januari 2017 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tugas kader upaya kesehatan kerja (UKK) Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat  yang cukup sulit adalah mengubah perilaku masyarakat. Dalam memberikan advokasi kepada nelayan, kader UKK yang hanya segelintir ini harus kucing-kucingan dengan masyarakat nelayan.

Apalagi, ketika melakukan cek kesehatan, nelayan harus dikejar kejar dan diberikan pengertian yang mendalam. "Kalau tidak begitu, jangan harap mereka melakukan dengan sukarela untuk mengecek kondisi kesehatannya," kata Kepala Puskesmas Kumai Abimanyu, Jumat (20/1/2017).

Advokasi yang diberikan tidak hanya terbatas pengecekan kesehatan serta pengobatan tetapi juga dengan memberikan penyuluhan kepada nelayan bagaimana mengubah pola hidup tidak sehat yang selama ini dilakukan oleh masyarakat.

Namun, saban kali akan dilaksanakan penyuluhan para nelayan ini sangat sulit dikumpulkan hingga harus didatangi ke rumah-rumah. Belum lagi jika menyangkut dengan alat perlengkapan diri (APD) saat menjalankan aktivitas melaut.

Para nelayan kadang tidak mau menggunakannya, padahal APD yang bisa berbentuk pelampung, alat pelindung kulit seperti baju panjang dan sarung tangan serta topi sangat penting digunakan bagi keselamatan dan kesehatan pekerja. "Paling susah mengubah perilaku hidup yang salah," papar Abimayu. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru