Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Karhutla, BPBD Kotawaringin Timur Latih Warga Padamkan Api

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Januari 2017 - 17:13 WIB

BORNEONEWS Sampit - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) gambut yang acap kali terjadi pada saat musim kemarau adalah sebuah momok bagi masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Hal ini yang disikapi  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan memberikan latihan kepada warga.

'Kami memberikan latihan penanganan karhutla bagi warga di pedalaman yang daerah sekitarnya hutan dan lahan gambut yang rawan terbakar,' ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sutoyo, Jumat (20/1/2017).

Latihan yang diberikan berupa simulasi penanggulangan karhutla, di antaranya, cara pemadaman api kebakaran lahan dengan peralatan sederhana, seperti memukul api dengan ranting atau benda lain, membuat sekat api, dan cara menggunakan peralatan mesin.

'Tentunya kalau terjadi kebakaran hutan dan lahan yang utama tau adalah masyarakat, sehingga mereka bisa langsung memadamkannya,' ungkap Sutoyo.

Rencananya pelatihan penanggulangan karhutlan yang dilaksanakan BPBD ini, juga akan dilakukan disejumlah tempat di Kotim yang dianggap sebagai titik-titik rawan terjadinya kebakaran. Materi pelatihan yang diberikan akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi lahan wilayah. (M HAMIM/B-5)

Berita Terbaru