Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jembatan Cukai Tetap Gunakan Material Kayu

  • Oleh James Donny
  • 20 Januari 2017 - 19:03 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Material kayu tetap akan menjadi bahan untuk pembangunan Jembatan Cukai. Namun berbeda dengan jembatan yang sebelumnya, Jembatan Cukai yang baru akan dibangun sebagian konstruksinya menggunakan bahan material baja.

Hal itu disampaikan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo kepada Borneonews di sela-sela saat meninjau pembangunan kembali Jembatan Cukai di Juara Anjir Pulang Pisau, Jumat (20/1/2017) "Ornamennya tetap seperti sediakala dan cuma ditambah dengan baja, sementara untuk bahan material kayu untuk menambah estetika dari jembatan ini," terang Edy.

Ia melanjutkan jembatan ini dinilai punya nilai historis dan sudah menjadi salah satu ikon daerah. Tahun ini, jembatan tersebut ditargetkan sudah rampung dan fungsional.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pulang Pisau Rustam Ahmidie mengatakan, pada saat jembatan sudah fungsional, bangunan itu bakal menjadi akses penghubung bagi masyarakat di Kelurahan Bereng dan kelurahan Pulang Pisau.

Dalam proses pembangunannya, pihaknya tidak merubah bentuk lebar dan bentang jembatan. Jembatan apakah khusus roda dua atau bisa masuk mobil itu tergantung teknis dari dinas terkait. "Namun untuk satu mobil kemungkinan bisa, seperti jembatan sebelumnya juga," kata dia.

Jembatan cukai dibangun kembali karena kondisi sebelumnya sudah tidak memungkinkan dipertahankan dan sudah rapuh karena termakan usia. Upaya Pemkab membangunnya lagi dan tetap mengikuti bentuk dan ornamen sebelumnya memiliki nilai estetika yang khas yang dimiliki daerah. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru