Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerusakan Jalan Penghubung Mekar Indah - Tanggul Harapan kian Parah

  • Oleh Parnen
  • 21 Januari 2017 - 13:34 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Ruas jalan penghubung antara Desa Mekar Indah dan Desa Tanggul Harapan, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, rusak. Kerusakan jalan itu lantaran struktur tanahnya masih berupa tanah liat dan belum dilakukan pengerasan dan pengaspalan.

"Dalam beberapa hari ini, intensitas hujan sangat deras, seperti pada hujan yang terjadi pada Jumat (21/1/2017) mulai pagi hingga siang hari. Akibat hujan itu, makin memperparah kondisi badan jalan yang sudah becek dan berkubang lumpur," kata Suyitno, warga Desa Mekar Indah di Kuala Pembuang, Sabtu (21/1/2017).


Badan jalan penghubung antardesa yang hampir tidak bisa dilalui tersebut, membuat sebagian besar warga di dua desa itu kesulitan menjalankan aktivitas perekonomian.

"Aktivitas ekonomi warga desa terpaksa harus dialihkan menggunakan angkutan transportasi sungai. Padahal jalan yang rusak itu sangat membantu dalam menunjang sektor ekonomi warga, terutama dalam memasarkan hasil panen ke wilayah luar desa seperti ke Kuala Pembuang untuk dipasarkan kembali di pasar Kuala Pembuang,' ungkap Suyitno.

Menurut petani asal Jawa Timur ini, kerusakan jalan itu membuat dirinya hanya memasarkan hasil panen seperti sayuran dan buah-buahan dengan memanfaatkan transportasi sungai. Padahal jika mempergunakan ruas jalan, perjalanan menuju lokasi tujuan seperti Kuala Pembuang dapat lebih dipersingkat.

'Jalan penghubung yang rusak ini baru akan kering jika hujan tidak mengguyur selama satu minggu penuh. Selama mengalami kerusakan (becek), baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan akan sulit untuk melintas,' ujar dia. (PARNEN/B-2)

Berita Terbaru