Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Buah Durian Kasongan Berangsur Turun, Apa Sebab

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Januari 2017 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejak sepekan terakhir harga buah durian Kasongan yang dijual puluhan pedagang di tepi Jalan Trans Kalimantan Km3 Kereng Humbang, Kecamatan Katingan Hilir berangsur turun.

Sejumlah pedagang mengatakan penurunan harga buah durian ini cukup signifikan. Pasalnya saat ini buah durian sebesar kepala orang dewasa yang sebelumnya dijual Rp100 ribu/buah, kini hanya dijual Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per buahnya.

"Ia sudah beberapa hari ini buah durian yang kita jual harganya lebih murah dibandingkan kemarin-kemarin," tutur Yedi, salah seorang penjual buah durian tepi Jalan Trans Kalimantan wilayah Kereng Humbang Kasongan, Minggu (22/1/2017).

Yedi mengaku harga durian yang ia jual tergantung dari harga yang dipatok pemilik kebun atau pengumpul yang menjual kepadanya.

"Kita beli kepada pemilik kebun atau pengumpul biasanya harga borongan. Sekarang yang paling besar kita belinya Rp40 ribu sampai Rp50 ribu per buah, tapi yang agak kecil Rp20 ribu sampai Rp30 ribu per buah," katanya.

Yedi mengaku sejauh ini buah durian miliknya lebih banyak diborong oleh pengumpul dari luar daerah, seperti Palangkaraya maupun Banjarmasin, Provinsi Kalsel.

"Sekarang buah durian sudah banyak, makanya harganya sudah mulai turun," imbuh Yedi. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru