Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

P4S Karya Baru Mandiri Gembleng Siswa Prakerin

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 22 Januari 2017 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Puluhan murid dari Sekolah Menengah Kejuaraan Kabupaten Hanau Seruyan dan Kabupaten Sukamara yang mengikuti praktek kerja industri (Prakerin) di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Baru Mandiri, Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) selama tiga bulan.

"Jumlah peserta total 22 orang terdiri siswa SMK Negeri 1 Sukamara 10 orang dan SMK Negeri Hanau Seruyan 12 orang, ditambah empat dari Universitas Mulawarman," kata Ketua P4S Karya Baru Mandiri, Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Syarian, Minggu (22/1/2017).

Ia melanjutkan, puluhan siswa ini dalam mengikuti prakerin dibagi dalam dua jurusan yaitu jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Masing-masing jurusan, para siswa mendapatkan materi yang berbeda.

Untuk jurusan ATP, lanjut dia, materi yang diberikan mencakup pembuatan pupuk organik padat dan cair dan cara mengaplikasikannya pada jenis tanaman sawit ,jeruk dan lengkeng.

Selain itu juga kita berikan materi bagaimana mengendalikan Hama Pengganggu Tanaman (HPT) dan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) menggunakan ekstrak ramuan serta pestisida nabati. "Siswa juga di tuntut bisa membuat analisa usaha setiap komoditas yang ada di P4S Karya Baru Mandiri," terang Syarian.

Sementara itu, untuk jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) kita berikan target untuk mampu membuat pupuk organik padat dan cair dan diaplikasikan pada tanaman, cabe, melon, semangka, buncis, paprika, talas, bawang daun serta bawang merah dan tanaman tiga.

"Dari Pengolahan lahan, perawatan tanaman, pembuatan ramuan ekstra dan pestisida nabati sekaligus menganalisis usaha, melakukan pemanenan hingga bagaimana memasarkan hasil produksi," beber Syarian. (KOKO SULISTYO/B-8)

Berita Terbaru