Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akhir Pekan Kelabu Bagi Minyak Sawit

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 22 Januari 2017 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pekan ini menjadi pekan suram bagi pelaku pasar di bursa komoditas global, karena harga minyak nabati berguguran.

Contohnya adalah minyak sawit yang ditutup turun hampir 1 persen, Jumat (20/1/2017). Pelaku pasar di Kuala Lumpur, seperti dikutip Reuters, mengatakan kondisi pasar komoditas global, khususnya minyak nabati pesaing sawit, menjadi pemicu pelemahan harga minyak sawit sejak medio pekan ini.

Harga minyak kedelai yang menjadi rival minyak sawit di pasar global ditutup melemah di Dalian Commodity Exchange, Tiongkok.

Sentimen negatif itu tak mampu mengangkat harga minyak sawit meski data menyebutkan bahwa ekspor minyak sawit Malaysia meningkat 17-20 persen pada periode 1-20 Januari, dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.

Futures minyak sawit untuk kontrak April, 1FCPOc3, di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun 1 persen menjadi 3.101 ringgit ($698) per ton pada akhir perdagangan Jumat. Sebelum penutupan, harga sempat melemah ke level 3.095 ringgit, yang merupakan level terendah sejak 16 Januari.

Volume perdagangan tercatat sebanyak 33.124 lot. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru