Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

20 Personel TRC BPBD Punya Potensi SAR

  • Oleh James Donny
  • 22 Januari 2017 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Sebanyak 20 personel Tim Reaksi Cepat (TRC) di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau memiliki potensi SAR (Search and Rescue) atau pencari dan penyelamat apabila terjadi bencana.

Sekretaris BPBD Pulang Pisau Rudy Purwadi mengatakan dalam setiap musibah yang terjadi di Kabupaten, dari 20 orang ini akan diandalkan untuk bergabung dalam TRC dan bergabung dengan TRC dari Basarnas, TNI maupun Polri.

Dia mengatakan untuk meningkatkan skil para personel SAR BPBD ini, pihaknya mengikutsertakan pendidikan dan pelatihan bekerja sama dengan Basarnas sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

"Ada share juga untuk peningkatan kapasitas, baik dari Basarnas maupun BPBD Pulpis, dan untuk skil resque personel kita didik di Basarnas," kata Rudi, Minggu (22/1/2017).

Dia mengatakan TRC BPBD Pulang Pisau selalu siap 24 jam, dan setiap piket terjadi tiga kali shift. "Satu shif ada Damkar ada TRC 1 kali 24 jam kali 3 regu," terangnya.

Dia mengatakan BPBD mengoptimalkan TRC jika harus ada penyelamatan dan mengoptimlakan Damkar kalau ada kebakaran baik di lingkungan pemukiman masyarakat maupun Kebakaran hutan dan lahan. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru