Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Minta Pemkab Kotim Tegas Soal Relokasi PKL

  • Oleh M. Rifqi
  • 23 Januari 2017 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Ida Laila meminta agar Pemkab Kotim tegas soal relokasi pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di kawasan Taman Kota Sampit. Pemkab Kotim harus bisa tegas menyikapi masih ada PKL yang berjualan di situ.Sebab, sesuai kesepakatan mulai Sabtu (21/1/2017) kawasan Taman Kota Sampit sudah harus bersih dari pedagang.

"Jangan sampai muncul kesan relokasi tebang pilih. Apabila para PKL bisa semuanya direlokasi tentu Kota Sampit akan lebih bagus dan tertata, lebih rapih," kata Ida Laila, di Sampit, Senin (23/1/2017).

Menurut politisi PPP itu, relokasi tidak boleh dilakukan setengah-setengah. Sebab, ini akan berdampak PKL yang telah direlokasi akan kembali lagi ke tempat semula dengan alasan di tempat yang baru merugi.

"Makanya dalam relokasi tidak boleh setengah-setengah dan tidak menyeluruh. Masih adanya PKL yang berjualan di luar tetapi tidak ditertibkan, akan membuat pedagang yang telah masuk ke tempat relokasi tidak laku karena sepi pembeli," ujar dia.

Ida pun menyarankan agar instansi terkait dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama Satpol PP untuk melakukan pengecekan di lapangan penyebab masih adanya PKL yang tidak mau direlokasi. Sebab, tentunya sebelum relokasi dilakukan sudah diperhitungkan ketersediaan lapak maupun fasilitas pendukung lainnya.

"Kami harapkan instansi terkait mengarahkan mereka yang belum masuk ke tempat relokasi agar masuk ke eks Mentaya Teater sehingga tidak ada kecemburuan antarpedagang," saran dia. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru