Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Prosedur Pengunaan CT Scan di RSUD Sultan Imanuddin

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Januari 2017 - 13:03 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar) kini memiliki CT Scan. Namun, tidak semua pasien bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk mendeteksi penyakitnya.

Menurut Kasi penunjang medik RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Gusti Muhammad Syariyansyah, masyarakat wajib mengantongi rujukan atau pengantar dokter. "Jadi yang memutuskan apakah pasien tersebut harus diperiksa menggunakan CT Scan adalah dokter," jelas Gusti Muhammad Syariyansyah, Senin (23/1/2017).

Karena, lanjut Syariyansyah, CT Scan merupakan alat penunjang pemeriksaan dokter untuk melihat bagian dalam tubuh manusia. "Sehingga dari gambar yang ditampilkan pada hasil pembacaan CT Scan, diketahui penyakit apa yang diderita pasien. Sedangakn petugas yang mengoperasikan peralatan tersebut ada delapan orang," terangnya.

Delapan orang yang terlibat tersebut di antaranya tenaga radiografer 6 orang, seorang dokter spesialis radiologi dan seorang petugas kamar gelap untuk mengolah hasil scanning.

Ia kemudian menjelaskan kisaran tarif yang harus dibayarkan pasien untuk mendapatkan pelayanan CT Scan. "Tarifnya berkisar antara Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta. Tergantung jenis pemeriksaan CT Scan yang diperlukan pasien," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru