Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil CT Scan Lebih Detil dari Rontgen

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Januari 2017 - 13:38 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Hasil CT Scan lebih detil dari rontgen. "Hasilnya berupa gambar hitam putih. Tetapi bila dibandingkan dengan hasil rontgen, bagian dalam tubuh yang di ambil gambarnya menggunakan CT Scan terlihat lebih jelas dan detil," jelas Kepala Ruangan Radiologi RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Novian Susilo kepada Borneonews Senin (23/1/2017).

Hasil scanning memang berupa gambar dua dimensi (2D), namun dalam proses scanning dilakukan secara 3 Dimensi (3D). "Sehingga bisa diketahui bagian dalam tubuh mana yang merupakan sumber penyakit," tambahnya. Jadi, hanya bagian dalam tubuh yang terdapat penyakit saja yang akan diambil gambarnya.

Agar hasil yang ditampilkan lebih jelas, sejak Senin (23/1/2016) tenaga radiografer meningkatkan skill dengan mengikuti pelatihan pembacaan operasional CT Scan dengan obat kontras. "Pelatihan ini dilakukan selama tiga hari. Jadi dengan teknik ini, bagian dalam tubuh yang di scanning bisa lebih kontas dan detil untuk mengetahui bagian dalam tubuh yang sakit."

Caranya adalah, pasien yang akan melakukan CT Scan mendapatkan obat khusus yang dimasukkan ke dalam infus oleh tenaga medis. Sehingga obat tersebut akan membantu kekontrasan scanning. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru