Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Mulai Bahas Raperda Perlindungan Lahan Pertanian

  • 23 Januari 2017 - 19:28 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - DPRD Kotawaringin Barat (Kobar) akan mulai membahas rencana peraturan daerah (raperda) inisiatif tentang perlindungan lahan pertanian.

Ketua DPRD Kobar, Triyanto mengungkapkan, raperda itu diinisiasi karena saat ini marak terjadi peralihan fungsi lahan pertanian di kabupaten berjuluk Marunting Batu Aji.

"Perda itu nantinya untuk menguatkan masyarakat dalam melindungi lahan pertaniannya," sebut Triyanto saat dihubungi Borneonews, Senin (23/1/2017).

Raperda ini juga didesain untuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan di Kobar. "Misalnya saja dengan adanya kenaikan harga cabai akibat gagal panen, jika lahan pertanian dikelola dengan baik, maka kenaikannya cabai tidak berimbas ke Kobar," jelasnya.

Raperda juga disusun untuk mendorong petani lebih produktif lagi dalam mengembangkan pertanian komoditas nonpangan, seperti cabai dan sayur-mayur.

Pada puncaknya, raperda ini dimaksudkan agar lahan pertanian tidak menyusun, dan petani bisa sejahtera. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru