Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pungli di Jalur Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama tak Boleh Dibiarkan

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 23 Januari 2017 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Aktivitas pungutan liar (pungli) makin menjadi-jadi di jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama. Ini ditengarai sebagai akibat belum teratasinya kerusakan di jalan sepanjang 42 kilometer itu.

Anggota DPRD Kotawaringin Barat, Nasrudin menyatakan kondisi itu tak boleh dibiarkan. Ia meminta Pemerintah Kecamatan Kotawaringin Lama ikut tak proaktif mengatasi problem di jalan tersebut.  

"Ini (kerusakan) yang terparah. Tidak ada kepedulian sama sekali. Kita paham, pengerjaan jalan oleh pemerintah masih menunggu anggaran. Tapi bukan berarti harus berpangku tangan," kata Nasrudin, Senin (23/1/2017).

"Beberapa perusahaan swasta di Kolam sebenarnya bersedia saja membantu menimbun. Tapi pemerintah kecamatannya diam saja. Tidak ada komunikasi dan semacamnya," imbuhnya.

Nasrudin mencatat, terdapat 16 hingga 19 titik pungli yang kini beroperasi di sepanjang jalan tersebut. Mereka berada di jalur yang mengalami kerusakan parah.

Ia berharap, kondisi itu tak boleh dibiarkan. Politikus Partai Nasional Demokrat ini mengatakan, maraknya pungli bisa memicu konflik antara pengguna jalan dan pengelola portal pungli jasa titian perlintasan kendaraan.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua pos pungli di jalan tersebut diketahui terbakar. Diduga itu akibat perkelahian, antara pengguna jalan dengan salah seorang penguasa portal pungli. (RADEN ARIYO/B-10)

Berita Terbaru