Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Musim Kemarau, Babinkamtibmas Cek Kesiapan Damkar Desa di Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 23 Januari 2017 - 19:48 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Babinkamtibmas Desa Kartamulia, Kabupaten Sukamara melakulan pemeriksaan alat pemadam kebakaran (damkar) desa untuk memastikan alat berpungsi baik saat dibutuhkan pada musim kemarau yang akan datang.

Menurut Kapolsek Sukamara Iptu A Syaukani, antisipasi kebakaran hutan dan lahan sudah dilakukan dengan harapan dapat menekan angka kebakaran.

"Selain pengecekan kesiapan alat, kita sudah melakukan sosialiasi kepada masyarakat mengenai adanya larangan membakar," kata Iptu A Syaukani, Senin (23/1/2017).

Menurutnya, Desa Kartamulia merupakan salah satu desa yang paling sering terjadi kebakaran, mengingat wilayah tersebut masih banyak lahan kosong.

"Pengecekan alat pemadam kebakaran milik desa ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan desa dalam menghadapi masalah kebakaran," tuturnya.

Dijelaskannya, jika tahun 2016 angka kebakaran mampu ditekan, maka tahun ini kasus kebakaran harus kembali turun agar wilayah Sukamara bisa bebas dari bencana kabut.

"Namun semua perlu kerjasama dengan masyarakat, untuk itu kita imbau agar seluruh warga jangan melakukan pembakaran hutan saat musim kemarau meskipun utuk kepentingan berkebun," tegas Kapolsek. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru