Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pile Slab Ruas Bukit Rawi Masih Gantung di Pusat

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 23 Januari 2017 - 20:34 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Usulan penanganan jalan yang tenggelam ketika musim hujan di Bukit Rawi, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah hingga saat ini masih menggantung. Pasalnya, pemerintah pusat belum memberikan jawaban kepastian penanganannya.

Pemprov Kalteng, sudah berulangkali mengusulkan penanganan jalan nasional itu dengan teknik pile slab karena penanganan secara biasa tidak memungkikan. Pemprov juga melaporkan fungsinya mengingat sangat krusial bagi distribusi barang dan jasadari dan ke Ibukota Kalteng, namun belum juga ada jawaban pasti.

"Pengusulan untuk pile slab untuk ruas Bukit Rawi masih belum ada bayangan sampai saat ini. Ya, itu semua kembai lagi pada keuangan negara. kita selalu usulkan," kata Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kalimantan Tengah, Leonard Samuel Ampung, Senin (23/1/2017).

Ditanya bagaimana kemungkinan pengerjaan yang bakal dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI melalui balai Satuan kerja (Satker) Jalan Wilayah II, Leonar juga belum menyebut adanya lampu hijau atau bahkan lampu merah sekalipun.

"Belum ada, baik lampu hijau ataupun merah dari pemerintah pusat," ucapnya. Diketahui, Pemprov sudah mengajukan hitung-hitungan penanganan ruas tersebut. Jumlah panjang jalan yang harus dilakukan penanganann teknik pile slab (jembatan gantung) adalah sepanjang 4 Km. Anggaran yang dibutuhkan adalah Rp 402 miliar lebih. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru