Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kendaraan Bertonase Besar Perparah Kerusakan Jalan Kolam

  • 24 Januari 2017 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kerusakan jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama (Kolam) semakin parah karena banyaknya kendaraan bertonase besar yang melintas.

Ahmad Sabiq, salah seorang pengguna jalan, banyak truk pengangkut crude palm oil (CPO), bahan sembilan bahan pokok, dan bahan material lainnya yang memaksa lewat di jalur tersebut saban harinya. Padahal, tanpa kendaraan besar tersebut, jalan Pangkalan Bun - Kolam memang belum layak dilintasi kendaraan. Apalagi di musim hujan seperti saat ini, jalan yang masih berupa timbunan tanah itu berubah menjadi kubangan lumpur.

"Banyak yang terjebak di kubangan lumpur. Bahkan beberapa kendaraan sampai masuk parit, sehingga antrean semakin panjang," terangnya, Selasa (24/1/2017).

Menurut Ahmad, kemacetan lalu lintas di jalan tersebut bisa berlangsung berjam-jam, dari siang hingga malam hari. "Enggak karuan kondisinya. Menempuh jarak 42 kilometer dari Pangkalan Bun menuju Kolam bisa sampai 7 hingga 10 jam," bebernya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kotawaringin Barat, Agus Yuwono mengakui, jalan tersebut memang belum cukup kuat untuk dilalui kendaraan bermuatan besar.

"Kami harap para pengguna jalan bisa memahami kemampuan jalan dan tidak memaksakan untuk tetap melintas di jalan itu," pinta Agus. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)


TAGS:

Berita Terbaru