Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Berharap Jalan Pangkalan Bun - Kolam Diambilalih Provinsi

  • 24 Januari 2017 - 08:48 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) berharap pembangunan jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama (Kolam) sepanjang 42 kilometer diambilalih Pemprov Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kobar, Agus Yuwono menyatakan, pihaknya terkendala minimnya anggaran untuk membangun jalan tersebut hingga tuntas. Ia mengatakan, tahun ini, hanya dialokasikan Rp14 miliar untuk pembangunan jalan itu. "Kami berharap status jalan itu bisa ditingkatkan menjadi jalan provinsi," kata Agus, Selasa (24/1/2017).

Agus menyatakan, jalan tersebut layak menjadi jalan provinsi karena selain menghubungkan Pangkalan Bun-Kolam, juga menghubungkan Kobar dengan Kabupaten Sukamara. "Dana Rp14 miliar tersebut tergolong minim dan tidak akan mampu memperbaiki secara keseluruhan ruas jalan Pangkalan Bun-Kolam," bebernya.

Agus menjelaskan, dana Rp14 miliar yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2017 untuk perbaikan ruas Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama akan digunakan untuk perbaikan daya dukung jalan.

"Perbaikan daya dukung jalan itu bentuknya berupa penimbunan tanah, pelapisan fondasi agregat, dan pengaspalan jalan jika daya dukung telah siap untuk diaspal," bebernya.

Ia menambahkan, jika status jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama beralih menjadi Jalan Provinsi, maka kewenangan perbaikan jalan tersebut juga berada di Pemerintah Provinsi Kalteng.

"Sudah kita ajukan kepada Gubernur Kalteng untuk ditingkatkan menjadi Jalan Provinsi dan saat ini masih dalam proses di Pemprov Kalteng," katanya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)


TAGS:

Berita Terbaru