Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesalahan Daftar Nama Ganda Seleksi Tenaga Honorer Pemprov Kalteng Akhirnya Diperbaiki

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 26 Januari 2017 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Daftar nama ganda tenaga kontrak Pemprov Kalteng yang terpampang pada daftar pelamar lulus seleksi administrasi diperbaiki. Hal ini diakui oleh sejumlah panitia seleksi ketika diwawancarai Borneonews.co.id di lokasi tes di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalteng, Kamis (26/1/2017).

Mereka mengakui ada salah ketik dan karena itu panitia pun mengakui jumlah total peserta tes tidak lagi 1.846 orang. Setidaknya ada sembilan nama yang terketik ganda. Meski mengakui, mereka menepis adanya kesengajaan dan tudingan untuk memasukkan atau mensukseskan orang seperti digunjingkan beberapa orang di media sosial.

"Itu sudah diperbaiki, itu akibat kesalahan ketik saat menginput data," ungkap panitia. Sembilan nama terketik ganda itu merupakan pelamar pada kategori tenaga administrasi. Sebelum terkoreksi, jumlah pelamar kategori ini adalah 994 orang. Dengan terkoreksinya 9 orang maka jumlahnya tinggal 985 orang yang melakuka tes tertulis di aula BKD dan berlanjut hingga besok untuk ujian praktik.

"Iya, berkurang dari itu (994 orang). Karena ada lima gelombang tes tulis, kemungkinan pukul 2 atau 3 siang ini mereka selesai tes tertulisnya," lanjutnya. Kepala BKD Kalteng Saidina Aliasnya menyebut hanya mereka daftar dan melakukan seleksi berkas terhadap pengusulan yang dilakukan pihak SKPD.

Data yang diterima BKD ada 2.000 daftar nama lebih. Namun saat diverifikasi dan diteliti kelengkapan berkasnya, ada beberapa yang tidak lengkap atau meragukan sehingga tersisa 1.846 berkas yang dinyatakan lulus administrasi. Seperti diberitakan sehari sebelumnya, banyak daftar nama peserta lulus administrasi yang terketik ganda. Daftar itu dikeluarkan dan dipajang di tiga papan besar di halaman kantor BKD Kalteng Jalan Willem AS sejak Selasa (24/1/2017)

Bahkan nama ganda itu berurutan nomornya. Hal ganjil ini mendapat perhatian di antara ribuan calon tenaga kontrak di Pemprov Kalteng. Sebab dengan doublenya ketikan daftar pelamar, tentu menambah akumulasi jumlah total pelamar yang disebut-sebut total berjumlah 1.846 orang itu

Bukan hanya nama, data lainnya juga sama, misalnya tanggal lahir sama, pendidikan, dan seterusnya, pada nomor urut berikutnya. Sehingga total pelamar lulus berarti tidak sampai angka 1.846 orang. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru