Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awas, Anjing Geladak Berpotensi Tularkan Rabies !

  • Oleh Wahyu Krida
  • 27 Januari 2017 - 14:37 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Keberadaan anjing geladak atau anjing yang biasa dibawa kapal laut berlayar untuk menjaga kapal saat berlabuh patut diwaspadai. Pasalnya, bisa saja anjing tersebut menjadi pembawa lyssa virus atau virus rabies antarpulau.

"Otoritas pelabuhan atau masyarakat yang mengetahui ada anjing yang memang dipelihara di kapal dan berlabuh di pelabuhan segera memberitahukan kepada kami. Sehingga kami bisa melakukan pemeriksaan terhadap kondisi anjing tersebut," harap Kasi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kotawaringin Barat (Disnakkeswan Kobar) Hermantasana, Jumat (27/1/2017)

Karena, lanjutnya, anggota tim Respon Cepat Penyakit Menular Hewan Disnakkeswan Kobar pada Senin lalu (23/1/2017) mendapat informasi adanya kasus gigitan anjing terhadap seorang awak kapal KM Tanjung Baru yang berlabuh di pelabuhan Panglima Utar Kumai.

"Ternyata itu merupakan kali kedua gigitan anjing tersebut terhadap awak kapal. Sebelumnya anjing yang sama juga sempat menggigit awak kapal lainnya pada Kamis (19/1/2017)," jelasnya.

Setelah dlakukan pemeriksaan, observasi dan penyuntikan vaksin anti rabies, didapatkan kesimpulan bahwa anjing tersebut tidak mengidap virus rabies.

Ternyata, anjing geladak berjenis kelamin betina tersebut beberapa hari sebelumnya melahirkan anaknya di atas kapal. Karena itulah sifatnya sangat defesif dan bakal menyerang siapapun yang berada dekat anaknya. "Terbukti dari penuturan dua awak kapal yang digigit, mereka saat itu kebetulan berjalan dekat dengan anjing yang sedang menyusui anaknya," terang Hermantasana. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru