Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Curah Hujan Tinggi, Debit Air DAS Katingan Meluap

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 Januari 2017 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Curah hujan sejak sepekan terakhir di wilayah Kabupaten Katingan meninggi. Akibatnya daerah aliran sungai (DAS) Katingan di Kabupaten Katingan mulai meluap di beberapa titik.

Berdasarkan pantauan borneonews.co.id, sejak seminggu lalu sampai Jumat (27/1/2017) hari ini hujan dengan intensitas cukup lebat setiap malam terus mengguyur wilayah Kabupaten Katingan.

Seminggu lalu, ketinggian muka air Sungai Katingan masih bisa sekitar 3 meter di bawah bibir sungai sekitar Jembatan Kasongan.

Namun sekarang tinggi muka air Sungai Katingan itu sudah sejajar dengan bibir sungai, dan bahkan di beberapa tempat air sungai mulai meluap ke permukaan.

Sejumlah warga Kasongan Kecamatan Katingan Hilir mengaku jika hujan kembali turun dalam beberapa hari kedepan diprediksi banjir akan menggenangi sejumlah wilayah termasuk Kasongan dan sekitarnya.

"Kita berharap curah hujan bisa berkurang. Sebab kalau curah hujannya makin tinggi maka wilayah kami ini bisa kebanjiran, soalnya sekarang saja air sungai sudah mulai naik ke daratan," ungkap Syarif warga Kelurahan Kasongan yang tinggal di bantaran Sungai Katingan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru