Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Kemarau Diperkirakan Awal Juni

  • Oleh Cecep Herdi
  • 27 Januari 2017 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Musim kemarau di Wilayah Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diperkirakan akan terjadi pada awal Juni mendatang.


"Pada tahun 2016 lalu, jumlah curah hujan pada Juni dasarian II dibawah 50 mm dan diikuti pada dasarian berikutnya hingga bulan September dasarian II. Awal musim kemarau tahun lalu di mulai juga pada bulan Juni dan berakhir pada bulan September akhir," kata Kepala BMKG Pangkalan Bun, Lukman Soleh, Jumat (27/1/2017).


Sementara jika dilihat dari data rata-rata curah hujan tahun 2006 hingga 2015 di Stasiun Meteorologi Iskandar Pangkalan Bun menunjukkan wilayah Pangkalan Bun memiliki pola curah hujan ekuatorial yaitu tipe curah hujan dengan dua puncak hujan yaitu pada bulan Maret-April dan November-Desember.


"Untuk prediksi musim hujan tahun 2017, dengan menggunakan data prakiraan musim hujan 2016/2017 yang dikeluarkan oleh BMKG memprakirakan awal musim hujan tahun ini akan kembali terjadi pada bulan September akhir (dasarian III) dengan sifat prakiraan curah hujan untuk musim hujan yaitu normal hingga atas normal," katanya


Lebih lanjut Lukman menerangkan, wilayah Pangkalan Bun sendiri berada di wilayah dekat khatulistiwa dimana yang pada umumnya memiliki ciri-ciri musim kemarau yang lebih pendek dan musim hujan yang panjang.


"Semua prediksi musim dapat berubah-berubah sewaktu-waktu dikarenakan berbagai faktor fenomena cuaca lainnya seperti El Nino/La Nina, badai tropis, global warming dan sebagainya," pungkas Lukman. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru