Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Bengahon Barito Utara Akhirnya Dapat Nikmati Air Bersih

  • Oleh Ramadani
  • 27 Januari 2017 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh  - Setelah sekian lama kesulitan mendapatkan air bersih, kini warga Desa Bengahon, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara (Barut) sudah dapat solusi dari masalah tersebut.

Uji perdana penggunaan air bersih dihadiri Ketua DPRD Set Enus Yuneas Mebas, bertepatan dengan masa reses dewan dari daerah pemilihan (dapil) III.

Fasilitas air bersih di Desa Bengahon ini mampu melayani kebutuhan sekitar 400 kepala keluarga (KK). Sumber air bersih berasal dari Sungai Lahei. Air bersih disalurkan lewat pipa utama dengan panjang sekitar 1,5 km.

'Kami bersyukur, karena sekarang masyarakat sudah menikmati air bersih. Tidak perlu lagi mandi dan buang air di sungai,' kata Pj Kepala Desa Bengahon Everiyadi, Jumat (27/1/2017).

Menurut Everiyadi, realisasi instalasi air bersih di Desa Bengahon dapat teralisir, karena adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dan warga desa. Selain air bersih, warga Bengahon berharap pemerintah kembali mengucurkan dana untuk proyek perbaikan jalan. Antara lain ruas jalan desa dan ruas jalan lintas dari Km 7 menuju arah jalan perusahaan milik PT Wahana Inti Karya Intiga (WIKI).

'Proyek pengadaan air bersih dan perbaikan infrastuktur lainnya dapat terpenuhi, karena masyarakat secara terus-menerus mengajukan usulan kepada pemerintah. Usulan sudah diajukan masyarakat sejak tahun anggaran 2014,' paparnya.

Ketua DPRD Barito Utara Set Enus menyatakan, prioritas pembangunan ke perdesaan sesuai dengan visi dan misi program pembangunan jangka pendek, jangka menengah, dan jengka panjang Pemkab Barito Utara. Pemerintah bersama DPRD berkomitmen terus meningkatkan alokasi dana desa, sehingga kebutuhan mendasar warga desa dapat terpenuhi.

Set Enus menambahkan, bersamaan dengan masa reses ke Dapil III, pihaknya menghadiri kegiatan peresmian instalasi air berish di Desa Bengahon. 'Kami juga menghimpun aspirasi dari warga Desa Bengahon menyangkut fasilitas pendidikan, kesehatan, dan jalan desa. Nanti kami teruskan saat pembahasan anggaran di dewan,' tandas ayah empat anak ini. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru